Kukuh Cakra Darma

Lebih Detail Mengenai GUI

Apa itu GUI??
Graphical User Interface (GUI) merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengancommand line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki ‘penganut’nya masing-masing. Penganut CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
Dewasa ini hampir semua software ‘berlomba-lomba’ untuk membuat GUI-nya menjadi lebih menarik sehingga pengguna juga akan tertarik untuk menggunakan software tersebut. Hal yang dituntut dari GUI sudah bukan lagi user friendly melainkan usability, yaitu :a measure of the ease with which a system can be learned or used, its safety, effectiveness and efficiency, and attitude of its users towards it (Preece et al., 1994).Usablity memiliki 3 aspek yaitu learnability (kemudahan bagi pengguna baru untuk dapat menggunakan sistem secara efektif dan mencapai kinerja yang paling optimal), flexibility (variasi cara/model bagi pengguna dan sistem dalam bertukar informasi), dan effectiveness/robustness(tingkat dukungan yang disediakan bagi pengguna untuk mencapai tujuannya dengan sukses dan memberikan penilaian tingkah laku yang diarahkan oleh suatu tujuan). Ketiga aspek ini jika tercapai maka akan memberikan nilai attitude (kenyamanan bagi pengguna).
Evaluasi GUI dilihat dari prinsip user friendly maupun usability dapat dilakukan dengan melihat bagaimana perkembangan GUI dari masa ke masa. Kadang kita sangat sulit untuk mendapatkan informasi perkembangan GUI tersebut karena mungkin kita belum pernah menggunakannya. Tetapi hal ini sudah tidak menjadi masalah lagi karena di era Internet ini ada situs-situs yang telah menyediakan fungi sebagai ‘museum’ GUI, yaitu . Berdasarkan data-data dari situs-situs ini, misalnya screenshot, maka kita dapat melakukan evaluasi mengenai GUI tersebut.

 GUI Windows Generasi Pertama (Windows 1.0)


 GUI Windows Sekarang (Windows 7) (2011)




GUI Macintosh Generasi Pertama (MacOS 1.0)

GUI Macintosh Sekarang (MacOSX Lion) (2011)





Kelebihan GUI

Dengan dukungan terhadap beberapa akun email sekaligus, pengguna Zimbra Desktop tak perlu repot membuka satu per satu akun webmail-nya. Praktis—itulah kelebihan pertama yang ditawarkan oleh aplikasi multiplatform ini. Anda bisa menyimpan semua kontak pada beberapa akun dalam satu lokasi. Semua kontak bisa disimpan dalam format .csv untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan backup.
Kelebihan lainnya bisa dilihat dari sisi produktivitas. Bayangkan ini: Anda adalah pekerja mobile, pengguna akun webmail, dan sering ditugaskan pergi ke daerah terpencil yang jarang akses internet. Anda banyak melakukan korespondensi dengan klien dan kerabat via akun webmail Anda. Meski Anda punya sebuah laptop untuk bekerja, tanpa internet Anda tak bisa membuka akun webmail Anda untuk membaca email dari klien yang tersimpan dalam inbox, dan yang kebetulan Anda perlukan untuk membuat laporan.
Mencari tempat yang menyediakan akses internet mungkin bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun, itu jelas bukan solusi yang praktis. Zimbra Desktop bisa memecahkan masalah dengan lebih cepat.
Zimbra Desktop menggunakan AJAX, teknologi canggih Web 2.0, yang dirancang untuk mengelola beberapa akun email dengan standar kapasitas penyimpanan multi-gigabyte. Dalam hal ini, Zimbra mengklaim aplikasi buatannya jauh lebih unggul dari Microsoft Outlook yang hanya menawarkan kapasitas mailbox 2GB. Satu lagi yang tak kalah penting, aplikasi ini terbuka dan bisa diunduh secara gratis.
Kalau mau, pengguna Zimbra Desktop juga bisa menggunakan Zimbra Desktop dengan Zimbra Collaboration Suite (ZCS). Dengan ZCS, pengguna bisa mengakses email dari komputer atau perangkat genggam manapun. Tapi, aplikasi yang satu ini tidak gratis.


Gampangannya, tampilan yang ada lebih berbasis gambar dan tidak perlu mengetik lagi
kalau contoh yang bukan GUI ya DOS itu atau ADB. Yang mana anda perlu ngetik macam macam hanya untuk menjalankan perintah seperti hardreset, memasukkan framework, ganti boot animation. Tapi kalau sudah GUI hanya tinggal diklik saja untuk menjalankan perintah yg anda ingin jalankan.




Artikel Terkait:

1 Comments:

Topeng Tuxedo | 14 June, 2011 20:28 | [Reply]

mas kukuh, saya udah pasang link dan follow blog ini. link dan follow balik yach, mkci sebelumnya

Post a Comment | Classic Comment's Form