Kukuh Cakra Darma

Desain | Mengenal CMYK Dan RGB

Yak, kembali lagi dalam blog kesayangan anda, kali ini saya akan memberikan ilmu desain dan lebih tepatnya "Mengenal CMYK dan RGB".. Apa sih CMYK dan RGB itu? Bagi yang awam mungkin menyatakan itu sama saja, namun, anggapan itu salah besar! Mengapa demikian?

Berikut adalah pengertian secara teoritis:

CMYK (Cyan Magenta Yellow Key) adalah model warna yang biasanya digunakan di percetakan (Printer, Sablon, dll). Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan tepat serta akurat sehingga menghasilkan warna cetak yang tepat seperti yang diinginkan pada background putih dengan media kertas maupun lainnya. Bahkan bila suatu saat diperlukan, warna ini dengan mudah bisa dibentuk kembali.

Sedangkan

RGB (Red Green Blue) adalah model warna yang biasanya digunakan sebagai layar layar suatu device. Semisal Monitor, LCD, Super Amoled, Kamera Digital, Camcorder, Proyektor, LED, Layar Handphone. Metode RGB ini menggunakan tinta warna Merah, Hijau dan Biru yang dicampurkan sehingga membentuk suatu output layar pengindraan yang adiktif dengan latar belakang bewarna hitam layaknya tampilan monitor.

Lihat gambar di bawah ini :



Gambar di atas menerangkan bahwa 
1. Monitor menggunakan mode warna RGB dengan hasil perpaduan warna bewarna putih.
2. Camera menggunakan mode CMYK.
3. Printer menggunakan mode CMYK.

Marilah kita praktekkan, dengan menggunakan Adobe Photoshop CS5 Extended


Atau anda juga bisa melihat warna warna perbedaan di sini

Anda lihat? Warna yang terkandung dalam mode RGB cenderung lebih cerah daripada warna yang menggunakan mode CMYK. Apa sebabnya?

Kembali lagi ke pengertian di atas, karena anda melihat menggunakan layar monitor (LCD, LED, Layar Handphone) maka sudah jelas warna yang lebih mencolok adalah warna mode RGB. Namun, apabila di cetak menggunakan sablon atau printer, saya jamin PASTI akan lebih baik hasil model warna CMYK. 

Para Desainer tentunya wajib mengetahui ilmu ini, karena apabila terjadi kesalahan mode warna, desain anda akan berantakan apabila dicetak. Karena, warna yang digunakan percetakan itu berbeda dengan warna tampilan di monitor. Inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kekecewaan terhadap warna akhir yang dihasilkan.

RGB biasanya lebih terang dan jelas, biasanya menghasilkan file dengan kapasitas yang lebih kecil. Warna RGB sangat cocok untuk presentasi visual dalam tampilan monitor seperti desain halaman web/situs. Ketika suatu kary
a desain dalam format RGB akan diprint dan melalui suatu proses cetak, maka warna RGB harus dikonversi dahulu kedalam model warna CMYK. Hal ini karena printer dan mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK sebagai model warna dari kalibrasi di mesin cetak.

Sering sekali karya desain yang masih dalam format RGB, dan dikonversi menjadi CMYK, warnanya akan berubah menjadi lebih redup dan tidak secerah mode RGB. Solusinya adalah edit dengan menggunakan mode CMYK, sehingga warna yang diinginkan cocok dengan warna yang telah dicetak, karena mesin cetak menggunakan model warna CMYK.

Ada beberapa software yang bisa memberikan kita pilihan apakah akan menggunakan warna RGB ataupun CMYK. Biasanya, pilihan tersebut datang saat kita akan membuat suatu dokumen (workspace) baru. Nah, berikut adalah list software serta cara untuk mengganti dari mode RGB menjadi CMYK:

1. Adobe Photoshop
Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK

2. Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document color mode > CMYK color

3. CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.

4. Microsoft Publisher 2003-2007
Pilih Tools > Commercial Printing Tools > Color Printing, pilih Process Colors (CMYK)

5. Adobe Indesign
Pilih Window > Swatches dan Window > Color. klik ganda color di Swatches dan ganti color mode ke CMYK dan color type ke Process 

Sekian, semoga membantu anda dalam mendesain suatu gambar :)




Artikel Terkait:

0 Comments:

Post a Comment | Classic Comment's Form