Computing Cup 2011 | Peran IT Terhadap Masa Depan PT Telkom

Computing Cup 2011
Alhamdulillah, Wasyukurillah...
Pada kesempatan kali ini, saya berniat untuk mengirimkan artikel ke Computing Cup yang diselenggarakan oleh Universitas IT Telkom. Tema yang saya ambil adalah mengenai "Peran IT (Informasi dan Teknologi) Terhadap Masa Depan PT Telkom".
Sebelum melonjak ke topik permasalahan, alangkah lebih baik jika kita berkenalan dulu dengan Computing Cup ini.

Computing Cup 2011 merupakan agenda yang baru pertama kali diadakan oleh Program Studi Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom. Sebuah ajang kompetisi antar siswa SMA/SMK maupun umum yang terdiri dari:
  • Seminar "Peranan dan Peluang Ilmu Komputasi Dalam Era Konvergensi"
  • Lomba Animasi Pendek
  • Lomba Pengembangan Game
  • Lomba Ide Aplikasi
  • Lomba Aplikasi
  • Lomba Blogging
Nah, di sini, saya berpartisipasi untuk acara lomba Blogging. Jadi, saya mohon doa restunya, semoga saya mendapatkan yang terbaik.

Seperti yang kita ketahui, PT Telkom merupakan Badan Usaha Milik Negara yang jaringannya sangat luas meliputi seluruh bumi nusantara Indonesia. PT Telkom memberikan pelayanan di bidang telekomunikasi untuk penduduk Indonesia yang sekitar lebih dari 230 juta. Mulai dari layanan telepon rumah, telepon seluler, hingga merambah ke dunia yang semakin tanpa batas, yakni internet.

Mengapa saya berniat menulis artikel ini? Karena mungkin dengan artikel ini, saya bisa memotivasi PT Telkom dalam mengembangkan pelayanan komunikasinya. Karena, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di dunia ini, tentu saja masyarakat tak mau lagi memilih suatu pelayanan yang ribet. Sehingga sangat diharapkan dengan artikel ini, pelayanan dari PT Telkom ini lebih bisa dimaksimalkan.

Oke, itu tadi preface, sekarang mari kita ke topik permasalahan...

"Peran IT Terhadap Masa Depan PT Telkom"

Sebenarnya, apa sih IT itu? Sederhana saja, menurut saya, IT merupakan singkatan dari "Information and Technology" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Teknologi dan Informasi". Melalui artikel ini, saya akan mempediksikan masa depan PT Telkom yang dibantu dengan perkembangan IT.

Dengan adanya IT, maka prediksi saya:

1. Masyarakat semakin dimanjakan di bidang pelayanannya.
Mengapa demikian? Karena, semakin maju suatu IT di suatu perusahaan, maka semakin mudah masyarakat mengakses layanannya.
Sebenarnya, kalau PT Telkom mau mencoba nekat untuk meningkatkan pelayanannya, justru PT Telkom lah yang diuntungkan. Karena, apabila masyarakat sudah percaya akan kualitas PT Telkom, pastinya masyarakat akan tetap bertahan. Sehingga tak perlu ditakutkan lagi jikalau customer PT Telkom kalah banyak dibanding perusahaan pertelekomunikasian swasta yang lain.

2. Para pegawai (pekerja) di PT Telkom akan lebih profesional.
Profesional di sini maksudnya adalah handal, cakap, dan ahli di bidangnya. Jadi para pegawai sudah mengerti apa yang harus mereka lakukan apabila mereka mendapatkan suatu permasalahan dari pengguna layanan (customer). Sekali waktu, perlu juga diadakan seminar tentang motivasi diri bagi para pegawai agar dapat menyejukkan pikirannya dengan pikiran yang baru.

3. Penerapan kecanggihan IT di sistem pelayanan PT Telkom.
Jadi, di sini, diharapkan PT Telkom bisa menerapkan teknologi teknologi terkini yang sesuai dengan masanya. Saya ambil contoh di tahun 2011 ini, 3GPP (3rd Generation Partnership Project) telah memperkenalkan teknologi masa depan, yakni LTE (Long Term Evolution) atau yang direncanakan sebagai kandidat 4G. Meskipun sudah ada rencana untuk pengkomersialisasian, namun masih banyak kendalanya. Salah satunya adalah masalah biaya, karena pasti biayanya sangat besar. Namun, hal ini bisa di minimalisir dengan mengadakan kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki tujuan yang sama, sehingga tujuannya hanya satu. Yakni mensejahteraan rakyat yang sesuai dengan poin poin di Undang Undang Dasar 1945.
Semoga saja pengkomersialisasian LTE ini bisa lebih cepat di implementasikan.

4. Iklan yang lebih jujur dan efisien serta menyeluruh.
Seperti yang sudah saya ungkapkan di preface, dengan meningkatnya IT dan taraf pendidikan, dapat dipastikan masyarakat tak mau lagi di ribet-kan oleh iklan-iklan yang tidak bermutu. Saya sangat berharap, seluruh perusahaan yang mengiklankan produknya agar tidak memberikan informasi palsu. Karena, hal ini bisa memberikan citra buruk terhadap perusahaan-perusahaan tersebut. Dan, dengan bantuan IT, pasti iklan akan tersebar merata.


5. Diharapkan biaya yang harus dibayar oleh customer di minimalisir.
Tentunya sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Telkom semestinya tidak terlalu memikirkan besarnya keuntungan. Saya rasa, biaya yang harus dibayar oleh customer sebaiknya diminimalisir, sehingga keuntungan yang diambil cukup sedikit saja. Karena, ini juga demi kemajuan bangsa, apa salahnya mencoba memberikan sebanyak-banyaknya untuk negara ini.
Namun apabila masyarakat tidak keberatan dengan biaya yang standart, bisa saja biaya itu tetap dipertahankan.

Saya rasa cukup sekian, semoga apa yang saya prediksikan menjadi kenyataan dan PT Telkom tetap dapat melayani masyarakat dengan sebaik baiknya pelayanan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa, khususnya para pembaca...

Sumber:
Pemikiran diri sendiri.
Telkom.net.
Telkom Indonesia.

Artikel ini saya dedikasikan untuk mengikuti lomba Computing Cup yang diselenggarakan oleh Universitas IT Telkom.

Computing Cup 2011
Dhamysoga Kyastuyoga











15 comments:

  1. : weehh ... menurut saya artikel anda bagus juga , mengenai "Peranan IT dalam masa depan PT Telkom" sangat dibutuhkan di jaman era globalisasi skrg ini . semoga sukses ya nak amiinn .. :)

    ReplyDelete
  2. @Ahmad Fadil terima kasih pak..
    Doa kan saya agar sukses

    ReplyDelete
  3. bagus sebenernya. lebih bagus nek kamu bisa analisis nya lebih mendalam.
    smw org tau perannya IT di telkom mmg sprti itu.
    tpi coba analisis dari segi aplikasi atau penerapannya di lapangan

    ReplyDelete
  4. @Anonymousmakasih masukannya... maklum saya masih amateur... mungkin untuk kedepannya dicoba seperti itu...

    ReplyDelete
  5. bagus, menarik dan bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  6. I think your article is good, but there are some word that make some people confused

    ReplyDelete
  7. Dari segi ide, idemu bagus nak... Coba saja ada kajian lebih mendalam mengenai masalah ini, pasti TOP

    ReplyDelete
  8. ikut meramaikan ah di blog ini hehehe :) wahh mantap info ITnya :D

    ReplyDelete
  9. wah bagus artikelnya . :)
    tapi entah kenapa kok menurut saya ada yang kurang. hmm . saya simak lagi aja deh . hehe

    ReplyDelete
  10. Mantab bro... Sukses selalu

    ReplyDelete
  11. semangat mas kukuh, artikelnya bagus

    ReplyDelete
  12. telkom semakin berkembang dalam bidangnya seiring dengan kemajuan technology.
    semoga dengan adanya contest ini bisa lebih mendewasakan telkomdalam bidangnya.
    dan masyarakat juga bisa lebih merata dalam menikmati perkembangan technologi dalam negeri.
    semangat

    ReplyDelete