Kukuh Cakra Darma

Blog Contest | Kupas Habis Trend Media Sosial 2012 di Indonesia

Selamat datang pembaca setia blog saya. Kali ini saya menulis artikel ini dengan maksud dan tujuan untuk mengikuti kompetisi blog yang diadakan oleh PT. Arwuda Indonesia yang mana merupakan bagian dari CDAGroup Company yang merupakan agen di bidang komunikasi pemasaran yang mengkhususkan diri dalam platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Google +, YouTube, Foursquare dan Blog.




Kini, mari kita melihat di sekitar kita... Dengan semakin mem-booming nya Smartphone, tentu saja hal ini membuat media sosial semakin laris. Mengapa tidak? Di saat seseorang bangun tidur, mereka tidak perlu lagi repot-repot menghidupkan komputer hanya untuk update status, mengecek email. Dengan satu genggaman dan satu jari saja, anda sudah bisa melakukan hal tersebut dengan mudahnya tanpa harus kehilangan waktu dan tenaga.

Facebook

Faktanya, pengguna Facebook di seluruh dunia adalah sekitar 799.058.860 menurut data dari PT. Arwuda Indonesia. Dan Indonesia turut menyumbang 5% atau sekitar 40,8 juta orang yang merupakan jumlah . Tentunya hal ini merupakan prestasi bagi Facebook. Fakta unik lagi yakni ternyata pengguna Facebook di Indonesia merupakan terbesar ketiga setelah India dan Amerika Serikat yang memiliki jumlah 155,98 juta orang. Entah apakah akun Facebook yang telah dibuat itu efektif atau tidak. Mengapa saya katakan demikian? Karena kebanyakan dari user lebih sering menggunakannya sebagai ajang pamer. Patokan ke populeran mereka merupakan banyaknya teman yang mereka miliki. Terkadang saya heran kepada seorang pemilik akun Facebook yang memiliki jumlah teman sekiranya 3000 hingga 5000, saya tidak yakin jumlah yang sebanyak itu merupakan teman mereka semua. Dan, ketika saya menanyakan hal tersebut kepada mereka, mereka mengaku sengaja menambahkan dan juga menerima permintaan pertemanan yang tidak mereka kenal. Terlihat jelas kan? Bahwa sesungguhnya user Facebook di Indonesia hanya mengikuti trend belaka, tanpa mempertimbangkan ada tidaknya bahaya yang mengancam mereka.
Belum lagi masalah dengan pemalsuan identitas. Sekarang, anak kecil (SD berumur 13 tahun kebawah) saja sudah ada yang memiliki akun Facebook. Coba kita cermati, buat apa sih mereka buat akun Facebook? Bingung deh jawabnya. Tapi, menurut saya balik lagi ke pemaparan diatas, semua itu merupakan pembuktian bahwa di Indonesia, orangnya gampang sekali untuk mengikuti trend.

Dan saya mempercayai bahwa trend negatif seperti ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2012.

Yuk mari kita sama-sama sadar dan memanfaatkan Facebook dengan sebaik-baiknya. Yakni dengan cara
1. Bergabung dengan komunitas-komunitas yang kita minati
2. Bergabung dengan page page yang memberikan kita manfaat
3. Berteman dengan orang-orang yang kita kenal

Selanjutnya, mari kita kupas tentang Twitter, terutama di Indonesia.

Twitter

Siapa sih yang tidak kenal Twitter? Bagi anda yang sudah gila media sosial tentunya sangat akrab dengan kata-kata Twitter, Tweet dan sebagainya.
Indonesia, merupakan pengguna Twitter terbesar ke lima dengan user sebanyak 19,5 Juta... Sedangkan dalam penulisan Tweet, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 11,39 % dari total Tweet yang dikirim... Terlihat sekali bahwa pengguna Twitter Indonesia sangat cerewet sekali. Bagaimana tidak? Setiap aktivitasnya selalu diupdate hingga sedemikian rupa, dari awal bangun tidur dengan mengupdate
"Baru bangun tidur nih..."
Hingga anda tidur lagi dengan update-an
"Hoaaamm... Ngantuk banget, tidur ahh"
Dan, sungguh tidak penting, apalagi anda ngetweet
"Perut mules, boker dulu ahh"
Lihatlah fakta ini! Please deh, siapa sih yang mau baca tweet jorok kaya gitu? Hal yang semestinya menjadi privasi kini sudah diumbar-umbar. Belum lagi kebanyakan para Tweeps (sebutan bagi user Twitter) asal Indonesia sering kali berambisi membuat suatu Trending Topic, dan sepertinya sudah tercium bau bau Trending Topic #TolakBBMNaik hehe... (Sekedar intermezzo).
Yang mana Trending Topic yang dibuat oleh orang Indonesia kebanyakan meresahkan para Tweeps dari negara lain.
Mari kita buat Twitter kita sebagai wadah dalam mencari ilmu, sehingga barokah dan membawa dampak yang baik bagi kehidupan kita kelak ketika dewasa.

Oke, apalagi sih media sosial yang lainnya? Yups, itu dia, Google+

Google+

Google+ pada prinsipnya sama dengan Facebook, namun disini Google yang memiliki segudang fasilitas mulai dari Google Translate, Google Mail, Google Play, Google Maps, serta yang lainnya ini saling terintegrasi membentuk suatu pengalaman media sosial yang menyenangkan. Adanya tingkat keamanan yang lebih tinggi agar user tidak memasukkan konten yang palsu, serta lebih ketatnya peraturan nama (harus nama asli), umur (harus 18 tahun ke atas)... Namun, karena berbagai alasan tertentu, bisa dibilang Google+ kalah bersaing dengan Facebook, karena terlambat meluncurkannya.
 
YouTube

YouTube merupakan salah satu fasilitas milik Google yang bisa juga digunakan untuk mengeksiskan diri melalui video... Yap, tentu saja anda tidak asing dengan Sinta dan Jojo, serta Briptu Roman Kamaru yang namanya meledak melalui YouTube. Saya pikir, bisa saja kita dikejutkan dengan nama nama lain di tahun 2012. Mari kita share segala yang baik baik dan membuang segala yang buruk buruk.

Foursquare

Foursquare merupakan salah satu aplikasi berbasis GPS... Yang mana fungsinya sebagai pen-sharing lokasi... Disini, kita bisa berlomba lomba untuk check-in agar mendapat penghargaan tertentu dari Foursquare. Memang terlihat norak, tapi hal ini akan sangat berguna jika suatu saat anda ingin berkunjung ke tempat yang pernah anda singgahi. Namun, disini banyak disalah artikan Foursquare fungsinya hanya sekedar tempat check-in. Saya rasa, kalau orang Indonesia memang seperti itu. Ketika saya melihat beberapa teman saya, mereka bahkan check-in di rumahnya sendiri... Sangat bodoh bukan? Mereka menyebarkan lokasi rumahnya sendiri... Inilah yang harus kita hindari di tahun 2012... Masa di tahun 2012 ini kita masih kampungan, ngga banget gitu loh...

Blog 

Blog merupakan salah satu media informasi yang sangat berguna bagi kita, para penyelancar internet... Apabila kita searching di Google dan bertanya tentang sesuatu yang cukup aneh, semisal
"Apa sih itu kamseupay?"
Pasti yang ada di deretan teratas adalah blog blog yang telah mempublish artikel tersebut. Terbukti bukan?
Nah, dengan diadakannya lomba blog oleh PT Arwuda Indonesia ini tentu saja dapat mengembangkan kreatifitas serta menuangkan ide-ide jenius para pemilik blog agar menuliskan tulisan tulisan yang berkualitas...
Nah, dengan ini saya optimis bahwa dengan diadakannya lomba-lomba seperti ini akan membuat dunia blog akan lebih cerah di tahun 2012 dan seterusnya...  Apalagi dengan memanfaatkan fasilitas dari PT Arwuda Indonesia, pastinya blog anda akan lebih terkenal, karena PT Arwuda Indonesia melayani anda dengan beberapa tahapan yakni

1. Strategic Planning
Didalam tahap awal ini ditentukan dan disepakati tujuan, segmentasi, “tone and manner” komunikasi, Key Performance Indicator (KPI) dan berbagai aspek yang lain. 
2. Execution and Maintenance
Rencana yang strategis, kreatif dan rinci, perlu dilaksanakan dengan baik oleh tim yang kompeten dibidangnya. Pelaksanaan suatu strategi di media sosial perlu mempertimbangkan pemanfaatan dan optimalisasi dari berbagai media sosial tersebut. Kemudian, semua ini harus dipertahankan dengan kualitas percakapan yang konsisten. 
3. Monitoring and Reporting
Memantau proses percapakan yang terjadi di media sosial dengan mendalam dan secara berkala. Pada tahap ini dilakukan juga pemantauan terhadap berbagai perusahaan maupun brand dari pesaing Anda.
Dengan kata lain, blog anda akan populer serta lebih mudah terindex oleh search engine yang terkenal.

Yang terakhir, Smartphone sangat mengambil andil yang besar seperti yang telah saya paparkan sebelumnya. Semua media-media sosial yang ada kini sudah masuk ke Smartphone melalui aplikasi-aplikasi tertentu... Sehingga membuat masyarakat Indonesia lebih mudah mengakses informasi, serta menshare informasi yang penting.
Sekian, mohon maaf atas kekurangan dan kelebihannya... Terima kasih :)

Best Regards

Kukuh Cakra Darma | Malang

Sumber:
PT Arwuda Indonesia.
Dwiki Setiyawan.
Kompas.



Artikel Terkait:

5 Comments:

its my soul | 02 April, 2012 20:01 | [Reply]

good

Kolase Cinta | 17 April, 2012 09:48 | [Reply]

keren sob, lama sudah tidak berkunjung kesini...
oh iya sob link dengan anchor text W.M.Muhammad tuch bisa diganti dengan Kolase Cinta tak? mkci sebelumnya

Kletah Muhammad | 26 April, 2013 05:48 | [Reply]

facebook yang paling sering saya gunakan mas kukuh, selain loadingnya super cepat, fitur-fiturnya banyak banget

cynthia chaniago | 29 November, 2014 16:59 | [Reply]

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

sherlina halim | 29 July, 2015 20:37 | [Reply]

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Post a Comment | Classic Comment's Form